Cara Belajar di Rumah Yang Baik



Hai...selamat datang di catatan kecil Saya. 

Saat ini penyebaran virus koronavirus sangat cepat, di sekitar kita bahkan di dunia virus ini telah menyebabkan penutupan kantor, sekolah, instansi, tempat nongkrong, bioskop , dll. Karena virus koronavirus ini Kamu dipaksa untuk belajar di rumah atau bekerja dari rumah. Pasti ada banyak pertanyaan dibenak Kamu, keluarga Kamu bahkan teman Kamu, bagaimana sih cara belajar di rumah dengan baik dan benar? membuat Kamu tetap bisa fokus dalam mengikuti pelajaran yang diberikan oleh guru,tugas sekolah, apalagi selama periode ujian. Hampir setiap jam, setiap hari bahkan belum tahu sampai kapan Kamu akan terkurung di dalam rumah. Pasti ada rasa bosan, ada rasa malas, bahkan dengan keadaan pandemik seperti ini kita merasa bahwa belajar itu bisa di kerjakan nanti, apalagi jika sudah bermain handphone, kita bisa lupa semuanya. Namun bagaimana jika saat itu akan diadakan Test atau Ujian? Entah Ujian kenaikan kelas maupun Ujian Nasional?

Kamu bisa melakukan bersenang-senang di rumah selama periode ini, tetapi cepat atau lambat waktu akan berjalan cepat, tahu-tahu sudah memasuki waktu test atau ujian. Jangan khawatir, berikut ini Saya berikan beberapa tips simple, bagaimana cara belajar di rumah yang baik dan efektif.
Rumah adalah tempat yang baik untuk belajar. Rumah memiliki lingkungan yang berbeda pula.  Kamu dapat membuat lingkungan belajar yang baik seperti kafe di rumah sehingga Kamu dapat belajar lebih cepat dan efektif. Saat ini, ada teknologi sudah canggih sehingga kita bisa tetap berhubungan di rumah. Kita bisa mengobrol satu sama lain menggunakan media sosial.  Apakah Kamu tahu cara belajar di rumah dengan kecepatan cepat?  Saya akan memberi tahu Kamu beberapa saran.

Jika Kamu ingin menjadi energik saat belajar,  Kamu harus tidur nyenyak. Tidur lebih awal dan bangun pagi adalah cara yang baik untuk mendapatkan energi yang cukup untuk belajar di rumah. Jangan mentang-mentang kita belajar di rumah terus kita tidur dan bangun sesuka kita. Lakukan hal yang sama seperti yang Kamu lakukan setiap hari. Tidur malam seperti hari biasa dan bangun seperti biasa Kamu bangun. Kok masih sama aja? Kan bisa kita tidur lebih malam kalau ga bangun agak siang? Takutnya kalo udah terbiasa bangun siang trus tidur agak malem nanti kalo pandemik udah kelar, bakalan kita sendiri yang repot. Udah kebiasa bangun jam 9 siang, eh jam 5 udah harus bangun, karena aktivitas kita udah normal lagi. Yang ada jadi malas untuk bangun pagi karena kita udah terbiasa bangun agak siang (jam 9 siang misalnya). Jadi lakuin kebiasan seperti biasa bakal lebih bagus kedepannya.


Rumah memiliki beberapa kamar, seperti ruang tamu, ruang makan, kamar tidur, dapur, ruang belajar, dll.  Suara antar kamar bisa saling mengganggu, jadi Kamu harus menutup pintu saat Kamu belajar.  Jika tidak, Kamu akan terganggu oleh kebisingan dari kamar lain. Jadi memiliki ruang belajar yang cukup penting untuk belajar lebih cepat dan efektif di rumah. Trus yang ga punya ruangan belajar gimana dong? Kamu bisa belajar di ruang tamu atau di kamar Kamu sendiri. Dan yang terpenting ada orang tua yang nemanin Kamu buat belajar. Bila orang tuamu tidak bisa Kamu bisa minta tolong anggota keluarga yang lain, entah Kakak, Tante atau Om.
Bermainlah handphone jika Kamu udah selesai dengan belajarmu. Gunakan handphonemu lebih bijak lagi, jangan mentang-mentang dirumah ga ada guru Kamu main hape terus. Pakai hapemu jika Kamu nemuin pertanyaan yang susah, Kamu bisa browsing atau tanya ke temanmu atau bahkan ke Bapak/Ibu Guru. Nonton Youtube, maen game, chat sama temen baik-baik saja, asal Kamu sudah belajar.

Agar belajar lebih cepat dan efektif untuk waktu yang lama, Kamu perlu beristirahat dan rileks. Beristirahat itu penting agar Kamu selalu bisa belajar dengan semangat yang cukup.  Kamu akan merasa lelah tanpa istirahat ketika Kamu belajar untuk waktu yang lama. Jadi kalau Kamu udah ngerasa capek atau bosan, istirahatlah, tapi jangan di barengi dengan main handphone, itu akan bikin Kamu makin nyaman buat istirahat. Buatlah minuman atau cuma jalan kecil-kecil di dalam rumah lebih bagus daripada bermain handphone. Dan yang penting tidur siang, tidur siang bisa membantu otak untuk istirahat, meluruskan badan yang pegal dan mengurangi stress. Memiliki cukup cahaya juga penting untuk belajar.  Kamu dapat belajar dengan lampu yang cukup. Buka korden rumah ketika ada cukup cahaya di luar. Kalau ga, hidupkan lampu. Dan tutup beberapa korden di rumah jika cahaya di luar sangat kuat.

Setiap orang memiliki rencana dan tujuan belajar,  ini adalah cara yang bermanfaat untuk belajar lebih banyak dalam sehari.  Menempel rencana belajar dan tujuan harian di kamar Kamu adalah cara yang bagus  untuk membantu Kamu belajar lebih baik dan efektif dalam sehari di rumah. Ada papan menempel di dinding kamar Saya,  jadi Saya biasanya menempel rencana belajar dan tujuan harian di papan menempel kamar Saya.  Maka Saya akan dapat melihat dan mencapainya setiap hari. Jadi Kamu bisa maen hape lagi kalau target harian kamu udah terpenuhi.



Jika Kamu tidak dapat menempel rencana belajar dan tujuan harian di dinding kamar Kamu,  Kamu dapat menempatkannya di tempat yang jelas atau menempatkannya di kulkas rumah Kamu mungkin.  Café biasanya memutar musik dengan volume rendah untuk mendorong orang belajar lebih cepat dan efektif. Musik dapat menaikkan semangat Kamu  saat Kamu sedang bekerja, melakukan tugas, membaca buku atau belajar.

Memutar musik juga merupakan cara terbaik untuk belajar lebih cepat dan efektif di rumah.  Namun, musik keras memiliki efek negatif  karena dapat mengalihkan Kamu dari tugas-tugas normal.  Kamu perlu mengontrol volume musik Kamu.  Kamu juga dapat menggunakan headphone untuk mencegah konflik di antara setiap kamar.  Ini adalah cara yang baik untuk menghindari kebisingan di luar.



Saya harap Kamu dapat belajar lebih cepat dan efektif di rumah dengan beberapa tips dari Saya. Semangat !!

Stay home, stay safe !!

Subscribe to receive free email updates: