Biar Ga Bosan di Rumah, Gimana Ya?



Hello..hellooo..ketemu lagi kita..
Gimana nih udah ngerasa bosan belum dirumah ga bisa ngapa-ngapain? Gegara isolasi mandiri, jadinya kita lebih banyak dirumah daripada diluar rumah. Sebenernya bisa sih kita buat ngerjain kegiatan biar ga bosan.  Sebenernya bosan atau bosen itu apa sih?

Bosan itu adalah keadaan dimana kita ngrasain kehilangan minat buat sesuatu dan sulit buat konsentrasi sama kegiatan yang sedang kita lakuin. Trus penyebab bosan atau bosen itu apa sih? Sebenernya banyak sih penyebab bosan, misal tidak ada aktivitas (kita cuma duduk aja dirumah, tiduran dikamar sambil scroll FB atau IG ga jelas), tiap hari kita monoton lakuin hal-hal itu trus, dan masih banyak lainnya. Bosan itu wajar kok, tapi jangan dibiasakan, ga bagus ternyata. Bosan yang terus menerus dapat bikin kamunya makin malas, bisa bikin percaya dirimu berkurang, dan hubungan sama orang terdekat bisa jadi ga baik gitu.

Nah berikut beberapa tips biar ga bosan atau bosen dirumah, terutama posisi wabah kek gini.


Membaca
Yaaash.. Membaca itu bisa jadi jendela dunia. Entah kalian membaca buku, membaca lewat internet, atau membaca majalah. Sekarang banyak opsi kok kalian suka membaca topic apa, tentang memasak? Tentang pengetahuan? Tentang cerita fiksi? Jadi biar ga ngerasa bosen, mulailah dengan membaca.

Nonton film lawas
Siapa sih yang ga suka nonton? Liet drakor, anime, kartun dan masih banyak lagi. Tapi pasti kalian bakal ngerasa bosen juga kalo yang kalian liet itu-itu aja. Nah cobain deh nonton film jadul alias film lawas. Ga ada yang lebih bagus daripada nostalgia sama film-film lawas. Apalagi itu film punya memori tersendiri buat kalian, jadi ga ada salahnya liet film lawas.

Maen games
Nah ini juga ga perlu di jelasin lagi, sudah paham pastinya kalian. Yuup maen game bisa ngurangin kebosanan kalian dirumah. Kalo bisa sih maen game yang ga terlalu menguras otak buat berfikir, udah bosen maen game susah eh yang ada malah emosi ntar, ga jadi hilangin rasa bosan.


Perbarui CV kalian
Nah ini terdengar lucu tapi kalo dipikir ada benarnya. Virus korona punya dampak yang gede banget termasuk ke pekerjaan. Banyak orang sudah dirumahkan, yang nganggur makin nganggur, hehehe… jadi ya gunakan kesempatan ini buat perbarui CV kalian. Percantik lagi CV nya biar ga keliatan kek gitu-gitu aja.

Mengatur lemari pakaian kalian
Biasanya kapan sih kalian mengatur isi lemari pakaian kalian? Nah mumpung libur lama banget kenapa ga kalian buka isi lemari pakain kalian. Kalian atur ulang lagi isi dari lemari pakaian kalian. Bagus lagi kalian punya pakaian yang udah ga kepake (kekecilan) bisa kalian jual lagi online. Kan lumayan tuh bisa dapet pemasukan tambahan.

Ngobrol bareng orang rumah
Pasti beberapa dari kalian saking sibuknya pas sekolah atau kerja dulu jadi jarang kan ngobrol sama orang rumah? Nah sekarang waktunya. Kalian bisa ngobrol panjang lebar bareng orang rumah. Bisa ngobrol tentang sejarah keluarga kalian, gimana sih cerita ortu kalian bisa ketemu, kenapa ortu kalian ngasih nama cakep ke kalian, dan masih banyak lagi. Dengan ngobrol gini bisa bikin kalian lebih dekat lagi sama orangtua kalian.


Mencoba resep baru
Nah kalo yang ini buat kalian yang cewek. Jika biasanya kalian kalo mau bikin makanan atau minuman sesuai resep pasti kalian langsung nyari bahan yang ada ke supermarket atau kepasar. Nah kalo pas posisi isolasi gini gimana? Saatnya buat nyobain resep baru. Kamu bisa modifikasi resep masakan atau minuman kalian dengan bahan yang ada di dalam kulkas kalian. Kalian bisa bereksperimen dengan bahan-bahan baru tersebut, siapa tahu hasilnya malah makin enak?

Atur album foto atau file
Pernah ga sih isi file atau foto kalian di laptop atau computer berantakan? Pasti iya kan. Waktu yang pas nih buat ngatur file kalian dilaptop atau computer biar rapi. Siapa tahu nanti pas lagi asik ngatur file atau foto eh nemu foto lawas kalian yang berkesan. Lagipula file atau foto yang teratur bikin gampang kita buat nyari kalo kita butuh lagi dilain waktu. Nah yang punya hape gimana nih? Kalian bisa lakuin pindah ke memory eksternal kalian, lagipula kalo kalian pindah memory internal kan berkurang juga. Kinerja hape kalian juga masih oke.

Nyoba hal baru
Lagi asik liet di youtube eh ada tutorial cara ngerajut. Nah kenapa ga kita coba? Pasti bingung kalo ga bisa gimana? Tenang di youtube semua ada kok, mau liet channel orang indo atau orang luar semua ada disitu, lengkap pula. Jadi liet deh di toko online kesukaan kalian, beli alat rajut, liet tutorial, sambil nyobain hal baru.


Bikin playlist musik
Kalian suka musik? Suka nyetel lewat Spotify? Nah kalian bisa tuh bikin playlist trus kalian share ke teman-teman kalian atau saudara kalian. Sambil minta pendapat mereka gimana tentang playlist kalian.

Main bareng binatang peliharaan
Buat kalian yang punya binatang peliharaan ini salah satu biar kalian ga bosan di rumah. Mainlah bareng mereka, buatin mereka mainan-mainan kecil seperti bola dari kertas.

Olahraga
Yup lewat olahraga kalian bisa buang rasa bosan kalian dirumah. Ga perlu olahraga yang berat, cukup lakukan gerakan pemanasan, jalan ditempat, push up atau sit up. Siapa tahu selesai wabah ini badan kalian jadi makin bagus karena sering olahraga.


Kalo semua yang diatas ga mempan, coba deh mandi dulu. Mandi bisa bikin mood kalian balik lagi, jadi kalian mau lakuin apa pun itu jadi makin semangat. Jadi itu beberapa tips dari saya, semoga bisa membantu kalian biar ga bosan dirumah selama wabah ini.

Tetap semangat !!

Stay Home, Stay Safe !!

Bye..

Subscribe to receive free email updates: