Bikin Tambah Semangat Belajar di Rumah



Hai hai..udah bosen belum nih? Seharian di rumah aja, ga bisa maen ga bisa nongkrong sama temen. Stress kan? yang jelas hal kek gini bisa bikin belajar kamu di rumah jadi keganggu. Ternyata kelamaan libur dirumah karena virus korona bisa bikin bosen juga. Biasanya bisa ketemu temen di sekolah, bisa maen kemana-mana, eh sekarang cuma dirumah aja.

Nah berikut ada tips nih biar mood belajar kamu bisa balik lagi. Jadi biar ga bosan gitu buat belajar di rumah.

Dengarkan jenis musik yang tepat. 
Nah ini salah satu yang Saya suka, dengerin musik. Nah disini kalian bisa nyoba buat dengerin musk kesukaan kalian, tapi…ada tapinya jangan yang bikin galau, ntar malah kebawa lagi. Dan dengarkan musik yang temponya jangan terlalu pelan, bisa-bisa kalian malah ngantuk lagi..hehe..

Mengatur waktu
Nah disini mengatur waktu juga penting. Jangan terlalu banyak belajar tapi jangan terlalu lama buat nyantai. Paling nggak 30 menit belajar, nah begitu udah ngerasa bosen coba deh gunain waktu 10 sampai 15 menit buat lakuin hal yang produktif. Misal kalian gambar sesuatu, corat coret, ngerjain kuis juga lebih bagus. Gunakan waktu 10 menit untuk merilekskan otak tapi jangan sampai yang terlalu rileks, misal nih tau-tau liet hape, kepo sana sini eh jadi lupa kalo lagi belajar. Begitu mau buka buku malah males lagi deh. Buka hape oke sih, asal waktu kalian masih digunakan produktif.



Istirahat yang cukup.
Nah ini nih yang ga kalah penting, istirahat. Kalo memang sudah waktunya buat istirahat ya istirahat. Dalam hal ini tidur juga, entah tidur siang maupun tidur malam. Jangan waktunya kita buat istirahat eh malah masih belajar, apalagi malah maenan hape. Otak kita udah capek kita paksa buat belajar yang ada ga ada materi yang masuk sama sekali, kan percuma tuh. Begitu juga halnya pas kita mau tidur, usahain jangan megang hape deh, waktunya jam 10 malem buat tidur, eh malah kepo akun doi atau malah nge-gosip jadinya malah larut tidurnya, tau-tau udah jam 12 malem, jadi berkurang waktu istirahat kita.

Buat area yang rapi dan nyaman.
Ini juga ga kalah pentingnya, ibarat rumah atau kamar kalau berantakan pasti bikin males buat ngapa-ngapain. Nah begitu juga waktu belajar, ketika kita belajar dikamar dengan posisi kamar rapi pasti akan bikin mood kita dalam belajar makin bagus. Jangan sampai deh pas lagi buka buku eh bukunya ketumpuk sama pakaian kotor, kan gimana gitu.

Ada minuman atau cemilan ringan pas saat kita bosan.
Ga ada salahnya ada cemilan atau minuman pas kita belajar. Karena cemilan dan minuman bisa bikin mood kita balik lagi. Ga perlu bawa banyak, cukup 1 atau 2 macam cemilan dan minuman kayak kopi atau es lemon. Jangan lupa buat buang sampahnya pada tempatnya, jangan sampai malah bikin kotor tempat kita belajar.

Manjakan diri Anda dengan “Me Time”.
Jangan salah “Me Time” itu bisa bikin mood belajar kita naik lagi. Ibarat kita udah seharian baca buku sekolah, udah pusing belajar matematika maka perlu buat “Me Time”. Ga perlu yang wah, ada yang cukup duduk aja didepan rumah atau video call bareng teman, ada yang berolahraga seperti bersepeda, main basket atau futsal, maupun bermain games di hape termasuk “Me Time”.



Anggap belajar itu seperti maen games.
Yang ini mungkin jarang orang lakuin tapi bisa bikin kamu bisa fight lagi buat belajar. Jadi semisal hari senin kamu ngerjain kuis online dapat nilai 6/10 maka hari Rabu kamu harus bagaimana caranya buat dapat nilai 8/10. Terlihat sepele tapi ini bisa bikin kamu makin semangat lagi buat belajar, karena kamu merasa termotivasi buat mendapatkan nilai bagus. Lebih bagus lagi kamu mempunyai target dan apabila target tersebut bisa tercapai kamu akan melakukan hal-hal yang menarik untuk dilakukan.

Hentikan mengatakan itu membosankan.
Ucapan itu ibarat doa, kamu bilang matematika itu membosankan, buang jauh kata-kata itu. Kalau perlu ganti dengan kata saya pasti bisa. Itu lebih bagus.

Mengubah metode belajar setiap jam.
Coba deh atur jadwal belajarmu secara tiba-tiba. Yang biasanya jam 5 sore kamu ganti jam 3 sore, pasti kamu akan merasakan hal yang berbeda.

Ketika kamu bosan saat istirahat, menari atau menyanyilah.
Istirahat kok bosan? Jangan salah ketika kamu merasakan bosan yang benar-benar bosan maka kamu mau ngapain pun bakal ngerasa bosan. Bahkan saat kamu istirahat pun, untuk itu lakukan hal konyol yang belum pernah kamu lakukan. Ketika kamu bisa tersenyum atau tertawa saat melakukan hal konyol maka disitulah mood kamu kembali normal. Jadi jangan ragu melakukan hal konyol saat kalian benar-benar bosan.



Ingatkan diri sendiri akan tujuan saat Anda merasa tidak termotivasi.
Pembangkit semangat paling besar adalah diri kita sendiri. Apa sih tujuan kita belajar? Dapat ranking bagus? Biar dapat pujian teman sekelas kalau nilai ujian kita bagus? Atau kita belajar hanya cuma belajar? Yang perlu diingat bahwa orang tua kita bekerja keras bagaimana caranya supaya kita bisa sekolah.

Tulis daftar apa yang ingin Anda lakukan saat ujian Anda selesai.
Nge-mall? Nge-pantai? Atau liburan luar kota? Hal ini bisa jadi salah satu pemicu kita biar ga malas saat belajar, tapi akan lebih bagus lagi dengan target yang diatas kemampuan kita setingkat. Misal kita merasa mampu dapat nilai 8 kenapa tidak kita mencoba nilai 9? Tulis di kertas besar jika kita mampu dapet nilai 9 maka kita akan pergi ke pantai bareng teman-teman.

Nah itu beberapa tips yang menurut Saya ga ada salahnya dicoba. Karena Saya udah mencoba salah satu dan itu efeknya luar biasa, bahkan sampai sekarang. Jangan sampai semangat buat kita belajar berkurang, karena belajar bisa bikin kita tahu semuanya. Tetap semangat dalam kondisi seperti ini, semoga pandemic ini bisa cepat berakhir.

Stay home, stay safe !!

Subscribe to receive free email updates: