Cara Nge-Charge Smartphone Yang Baik dan Benar


Hai..hai.. ketemu lagi kita, untuk artikel kali ini saya akan membahas cara “ngecas” yang baik dan benar. Namun sebelumnya kita bahas dulu beberapa hal yang berkaitan dengan yang namanya “ngecas”. Jadi biar sekalian nambah pengetahuan juga kalian soal smartphone.

Fast Charging
Sebelumnya apa sih Fast Charging? Ada yang bilang Rapid Charge, ada yang bilang Quick Charge juga. Intinya Fast Charging itu ngecas dengan cepat. Jadi beberapa kata tadi cuma buat istilah buat beberapa produsen hape. Trus bagaimana bedain yang Normal Charging sama yang udah Fast Charging? Biasanya kita bisa liet dari fitur hape tersebut, apakah dia sudah Fast Charging atau belum. Trus kalian juga bisa liet dari kapasitas charger itu sendiri.
Untuk Normal Charging biasanya pengisiannya 5V dengan 2A, yang mana ketemu nilai 10W. Nilai ini didapat dari Daya (W) = Arus (A) x Tegangan (V). Sedangkan untuk Fast Charging sendiri menggunakan daya pengisian diatas 10W, yang mana dari beberapa produsen hape menggunakan daya sebesar 18W. 18W sendiri dihitung dari 9V 2A (9x2). Dan ada beberapa produsen hape ngasih daya diatas 20W, gimana ga kenceng tuh? Nah disini bisa kita liet kalau kita ngecas ga hanya liat Amperenya saja, tapi juga melihat berapa nominal Voltasenya.

Pake charger kenceng buat hape lama?
Biasanya Fast Charging itu dipengaruhi 3 faktor, Kepala Charger, Kabel Charger dan Hapenya itu sendiri. Dan yang menentukan apakah bisa Fast Charging itu adalah hapenya itu sendiri. Jadi mau sebesar apapun daya dari sebuah charger, dia akan tetap dipantau oleh hape itu sendiri. Misal si hape mentok 10Watt (5V 2A) dan charger kita 16Watt (8V 2A) maka daya yang akan masuk kehape tetap 10Watt (5V 2A). Namun ada produsen hape yang memasukan kepala Charger dengan Watt normal tapi hapenya sudah support Fast Charging. Jadi kecepatan ngecas nya pun biasa saja. Tapi karena hapenya sudah support ngecas kenceng, maka tinggal beli kepala Charger yang dayanya gede (Voltase besar) dan ditambah dengan kabel yang memadai.
Sama juga bohong dong, hape sudah support ngecas kenceng, kepala charger juga, eh kabelnya cuma mampu dialiri arus 1Ampere aja. Ya masih lama juga ntar penuhnya. Jadi kesimpulannya, kalau hape kalian belum support Fast Charging maka kalian tetep akan berada di Normal Charging walaupun charger kalian udah gede dayanya.

Trus kapan kita ngecas?
Kalau untuk smartphone keluaran terbaru jawabannya adalah terserah kalian atau bebas. Mau 30% kalian charge, atau 10% baru kalian charge. Atau bahkan posisi hape sampai mati 0% baru kalian charge. Trus ada yang bilang “cepet rusak dong kalo hape dipake sampai mati 0%”. Nah jawabannya apakah tiap hari kalian make hape sampai benar-benar mati? Ga juga kan? Kadang sampai 20% aja sudah bingung cari colokan charger, kalo ga cari pinjeman powerbank, hehehe…
Memang benar kalo baterai (Lithium)sampai habis bis akan bermasalah kedepannya. Tapi dari produsen hape itu sendiri tidak akan mungkin memberikan setingan ke hape kalo 0% di indikator itu juga 0% kapasitas baterai itu sendiri.  Produsen hape pasti akan memberikan setingan lebih supaya hape dan baterai yang kalian pake aman. Bisa jadi ketika baterai kalian sudah 1% di indikator layar tapi kemampuan baterai sebenarnya masih 5% atau bisa juga lebih. Beda cerita kalo baterai kalian sudah ngedrop. Jadi baiknya ngecas hape itu kalo sudah 100% cabutlah kabel cas nya. Sambil dipake pun tidak masalah karena dari produsen hape sendiri udah mendesain kalo hape itu bakal dipake sama penggunanya dalam posisi sambil di cas. Jadi kalo sudah 100% cabut charger. Yang terkadang menjadi masalah adalah ketika kita ngecas tapi posisi hape menjadi hangat atau panas, nah pada saat itulah kita diamkan sebentar hapenya, taruh dilantai biar cepet adem. Dan jangan dipakai untuk nge-game, dipakai untuk social media saja. Supaya pengisian stabil dan baik.


Ngecas pake powerbank?
Tidak bermasalah asal dari powerbank itu sendiri tidak ada masalah. Karena dari powerbank yg isinya pun baterai akan stabil dayanya. Jadi tidak ada masalah, akan tetapi lebih baik lagi gunakan powerbank yang bagus dan sudah teruji kemampuannya. Dan yang namanya powerbank itu sendiri terbatas dari kapasitasnya, maka lebih bagus ketika hape kalian di cas pake powerbank gunakan seperlunya saja, supaya lebih maksimal pengisiannya. Jadi jangan deh ngecas pake powerbank eh buat nge-game, ya sama aja bohong. Dan kalau ditempat nongkrong kalian ada colokan listrik, lebih bagus gunakan charger daripada powerbank.
Beberapa teman saya bahkan ada yang ngecas hape posisi mati, ada yg di mode pesawat terbang, ada yg digunakan sama sekali. Dan semuanya tidak ada yang bermasalah (asal baterai tidak drop duluan). Hanya saja pengisian dari hape posisi mati, mode pesawat terbang dan sambil dipake akan lebih cepat penuh daripada yang sedang dipake. Meskipun hape yang sedang dipake pas ngecas mempunyai fitur Fast Charging.

Kemampuan baterai
Seiring berjalannya waktu kemampuan baterai juga pasti menurun. Rata-rata setelah 2 tahun pemakaian kemampuan dari baterai hape itu sendiri menurun. Jadi kalau kemampuan baterai sudah menurun harus semakin lebih care lagi saat ngecas. Jangan digunakan sambil nge-game pas ngecas, jangan sering dipakai sampai habis hapenya.


Jadi kesimpulannya kalau kalian beli hape baru cukup langsung di charge sampai penuh aja 100%. Ga perlu harus sampai delapan jam. Lagipula sekalian ngecas kalian juga bisa cek software dan instal beberapa aplikasi. Kalau sudah penuh (100%) langsung cabut saja dan gunakan seperti biasa. Dan yang utama selalu gunakan kepala cas dan kabel originalnya. Karena sudah pasti kualitasnya baik dan bagus.

Semoga tips ini berguna buat kalian semua. Dan tetap semangat dalam kondisi wabah seperti ini.

Stay Home, Stay Safe !!

Bye..

Subscribe to receive free email updates: